Jumat, 14 Desember 2012

THIS IS IT...


Hanya sedikit orang yang berpikir logis. Kebanyakan dari kita berprasangka. Sebagian besar dari kita dirusakkan oleh pendapat yang sudah terbentuk sebelumnya, oleh rasa curiga, takut, iri, cemburu dan keangkuhan. Dan hampir semua orang tidak ingin mengubah pikirannya tentang agama atau model rambut atau komunitas atau bintang film kesayangan mereka. Jadi jika anda ingin menyampaikan kepada orang bahwa mereka salah, tolong baca paragraf di bawah ini setiap pagi sebelum sarapan:

Kadang-kadang kita mendapatkan diri kita mengubah pikiran tanpa perlawanan atau emosi besar apapun. Tapi kalau kita diberitahu bahwa kita salah kita akan menolak mengakui ini dan mengeraskan hati kita. Kita amat tidak peduli akan formasi keyakinan kita. Namun kita mendapatkan diri kita penuh semangat menyokong keyakinan tersebut tatkala seseorang hendak merampasnya agar lepas dari kita. Jelas, bukan ide-ide itu sendiri yang berharga bagi kita, melainkan harga diri yang terancam. Kata kecil  “milik saya” adalah kata paling penting dalam urusan-urusan manusia. Dan apabila kita dengan tepat menerapkannya, ini merupakan awal dari kebijaksanaan. Kata ini mempunyai kekuatan yang sama, apakah itu menyangkut santap malam “saya”, anjing “saya”, dan rumah “saya”, atau ayah “saya”, negara “saya” dan Tuhan “saya”. Kita tidak hanya marah karena disalahkan bahwa jam kita atau mobil kita barang rongsokan, tetapi juga bahwa konsepsi kita tentang kanal Mars, tentang pengucapan “Epictetus”, tentang pengobatan salisin perlu direvisi. Kita telah senang untuk terus memegang keyakinan yang sudah terbiasa kita terima, yang menyatakan bahwa hal itu benar dan kemudian rasa benci akan muncul apabila tertangkap adanya keraguan terhadap anggapan kita. Ini akan membawa kita mencari setiap sikap berdalih untuk mendukung argumen kita agar bisa terus memegang apa yang sudah kita percaya selama ini.” – James Harvey Robinson dalam The Mind in The Making
So, Tunjukkan penghargaan terhadap pendapat orang lain. Jangan pernah berkata “Anda salah”, karena hal itu percuma. Gunakan dorongan, Buatlah kesalahan tampak mudah diperbaiki dan pujilah peningkatan sekecil apapun.You’ll see, it works. Tetapi jika anda salah, akuilah dengan cepat. Okay, that’s all i wanna share and that’s one way to keep your relation with people and learn how to be outstanding leader. Because being a leader sometimes involves the change of attitude and effort of their troopers. I’m still learning about it, like you do now :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar